Kenali Penyebab Umum Mata Merah

Mata merah umumnya terjadi karena pembuluh darah di mata membengkak atau mengalami iritasi. Mata merah mengindikasikan adanya masalah pada mata, bisa masalah ringan, bisa juga masalah serius yang memerlukan penanganan medis.

Penyebab umum mata merah

Penyebab tersering mata merah adalah karena pembuluh darah pada permukaan mata meradang. Hal ini biasanya disebabkan karena iritasi akibat:

  1. Udara yang panas/kering
  2. Terpapar sinar matahari
  3. Debu
  4. Reaksi alergi
  5. Influenza
  6. Bakteri dan virus

Mata yang lelah atau Anda dalam kondisi batuk dapat menyebabkan suatu kondisi gangguan mata yang dikenal sebagai perdarahan subkonjungtival. Ketika ini terjadi, bercak darah akan muncul pada mata. Meskipun kondisi ini tampak serius, jika tidak disertai rasa nyeri, biasanya akan sembuh sendiri atau jernih kembali dalam waktu paling lama 10 hari.

Penyebab mata merah yang lebih serius adalah karena infeksi. Infeksi dapat terjadi pada struktur berbeda dari mata dan biasanya akan menimbulkan gejala tambahan seperti nyeri, tahi mata berlebih (discharge), atau perubahan visi.

Infeksi yang bisa menyebabkan mata menjadi merah antara lain:

  1. Blepharitis – peradangan pada folikel bulu mata
  2. KonjungtivitisĀ – peradangan selaput mata (penyakit mata menular)
  3. Ulkus kornea – borok yang menutupi mata
  4. Uveitis – radang pada uvea.

Sedangkan kondisi lain yang dapat menyebabkan mata merah antara lain:

  1. Trauma atau luka pada mata
  2. Meningkatnya tekanan bola mata yang menimbulkan rasa sakit (glaukoma akut)
  3. Kornea tergores yang disebabkan karena iritasi atau terlalu sering menggunakan lensa kontak
  4. Masalah perdarahan.

Aktivitas yang tinggi seringkali membuatmu lupa untuk menjaga kesehatan. Tak hanya daya tahan tubuh yang harus dijaga, perhatikan juga kesehatan organ tubuh lain agar terhindar dari serangan penyakit. Termasuk juga dengan mata, organ vital yang membantu banyak aktivitas sehari-hari ini juga rentan terserang beragam gangguan kesehatan. Salah satu yang kerap dirasakan banyak orang adalah kondisi mata merah.

Mungkin sekilas mata merah tampak tak begitu serius, sebab untuk beberapa kasus kondisi ini dapat membaik dengan cepat. Namun kamu perlu memahami apa penyebab mata menjadi merah. Pasalnya, jika diakibatkan oleh hal yang serius dapat mengakibatkan kerusakan yang berbahaya. Mata merah terjadi ketika pembuluh darah di mata Anda menjadi bengkak atau teriritasi. Saat kondisi mata merah diikuti dengan rasa sakit atau perubahan penglihatan, maka perlu kamu waspadai.